Senin, 22 September 2008

Tips Merawat Kura-kura Brazil

Sekitar beberapa bulan lalu, saya lupa kapan tepatnya, saya membeli kura-kura di "pasar pagi" gasibu. Saya beli sepasang plus tempatnya plus makanannya harganya total 30 ribu.
Sebenarnya sih ga niat untuk beli kura2 tersebut, tapi karena adanya sedikit rasa keinginan untuk merawat hewan peliharaan jadinya ya saya beli jadinya.

Nah, setelah bereksperimen selama beberapa bulan akhirnya saya mengetahui cara2 merawat kura2. Berikut beberapa langkah penting dalam merawat kura2 :

1. Pertama-tama kenali kura2 kamu dengan cara:

  • Cari tau dia tuh cowok atau cewek,,kalo dari yang saya baca2 dari berbagai sumber sih cirinya tuh kalo yang jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. Kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.


2. Siapkan tempat tinggal yang kondusif
  • Tujuannya apa? Supaya kura2 tersebut merasa nyaman seperti tinggal di rumahnya sendiri,,hehe,,,. Ngga sih, maksudnya kita harus menyiapkan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan si kura2 tersebut. Kalo kura2nya kecil ya tempatnya yang kecil juga ngga kenapa2 tapi kalo kura2nya udah besar tempat tinggalnya juga harus lebih besar, tapi bagusnya siapkan tempat tinggal yang luas supaya pertumbuhannya juga lebih cepat.
  • Layout tempat tinggalnya harus terdiri dari daerah yang berisi air dan daerah daratan karena kura2 butuh daerah kering ketika ingin berjemur.
  • Untuk menjaga kebersihan tempet tinggal kura2, maka sebaiknya tempat tinggal/aquarium kura2 dibersihkan 2 hari sekali, sehari sekali lebih baik. Hal ini harus dilakukan kerena kura2 hidup di air, makan di air dan buang air di air, maka jika air di aquariumnya sudah tidah bersih maka akan berdampak pada kesehatan kura2 juga.
3. Makanan yang menunjang pertumbuhan
  • Seperti merawat hewan peliharaan yang lain, makanan juga merupakan hal yang penting untuk membantu pertumbuhan kura2.
  • Sekarang anda sudah bisa mendapatkan makanan untuk kura2 di toko2 yang menjual makanan ikan dan kura2.
4. Perlakuan positif
  • Ingat, kura2 merupakan makhluk hidup, jadi jangan di maenin kaya maenan aja. Perlakukan mereka secara beradab.
  • DO : Jemur beberapa jam sehari di bawah sinar matahari karena akan membantu pertumbuhan tempurungnya, kasih makan tiap hari, bersihin tempat tinggalnya.
  • DON'T : ngobok2 air di tempat tinggalnya, nyuekin (ga ngasih makan, ga bersihin aquariumnya)
Kira2 sekian dulu info tentang kura2 dari saya, semoga bermanfaat,,,

22 komentar:

  1. Kura2nya sehat2 aja? saya pernah beli 2 ekor mati semua setelah 1 bulan. trus beli lagi 2 ekor n sekarang udah ampir 1 tahun umurnya. Dikasih makan apa aja? kura2 saya doyan banget daging ayam sama kol. aneh ya...
    Salam kenal... moel
    http://moelslife.blogspot.com

    BalasHapus
  2. alhamdulillah masih hidup,,
    yang satu ilang,,,jadi beli satu lagi,,,
    anehnya, skarang ukurannya kan ga sama,,trus kura2 yang gede masa makan tempurung kura2 yang kecil,,,knapa ya?apa karena udah gak cocok makanannya ya,,
    mohon yang tau solusinya,,

    BalasHapus
  3. gw juga punya son, dulu ada dua tapi karang tinggal 1, gara2 gw tinggal berjemur, eh malah ngabur. ;((

    kalo masalah yang "gede" makan tempurung yang kecil, mungkin si GD merasa takut tersaingi jadi dia ingin menunjukan kekuatannya. (hehe, sotoy mode on..!!)
    tapi setahu gw, ga pernah tuh kura2 makan tempurung. :D

    BalasHapus
  4. Untuk informasi yang lebih lengkap tentang pemeliharaan dan perawatan kura-kura Brazil (res) silahkan bergabung di Forum resmi Pencinta Kura-kura Brazil.

    http://www.KuraBrazil.info/

    BalasHapus
  5. okeh, tengkyu info webnya ya,,,

    BalasHapus
  6. thanx tas info'a. w jg punya kura-kura brazil. eh tp w mo tnya ke u. co w punya kura-kura persis kya batu wrna'a item. tu nama'a kura-kura ap ea.

    BalasHapus
  7. bermanfaat nih
    karena saya baru punya kura-kura
    thanks ya

    visit
    http://www.freemon.co.cc

    BalasHapus
  8. kura" punya saya kok g mau makan ya... terus si kura" nya tuh suka ngebalik kyk yg mati padahal masih idup..

    minta saran donk... terus klo kura" yg kecil bgs nya di kasih makan apa ya

    BalasHapus
  9. kalo masih kecil mah,,kasih pelet aja,,
    kalo gedean dikit/dewasa,,baru bisa dikasih makan yang macem2,,,tergantung jenis kura2nya,,,kura2 air atau darat,,makanannya juga beda,,

    BalasHapus
  10. Numpang tanya donk, , , ,gw br aj pny kura-kura,ada 2 , ,kira" brp lama ya mreka bs disebut dewasa dan beralih mknan dr pelet, , ,???thankz beforee, ,

    BalasHapus
  11. Saya punya kura kura brasil dya dak kash makn takari 2 kali sehari dlm jumlah yg banyak ( habis di makan smwanya )
    Baik gak ea untk pertumbhan nya

    BalasHapus
  12. klo airnya agak sedikit bau itu gk papa apa harus d bersihin juga ya, itu aja yg mw aku tanya trims.

    BalasHapus
  13. klo airnya agak sedikit bau itu gk papa apa harus d bersihin juga ya, itu aja yg mw aku tanya trims.

    BalasHapus
  14. makasih inponya masbro.. baru beli juga nih..

    BalasHapus
  15. @Ajie : kura2 dewasa waktu dia udah memasuki akil baligh :))
    liat dari ukuran badannya aja bro,,kalo udah kegedean ya gak cukup lagi makan pelet,,

    @Putra : bagus koq,,,gak masalah makan banyak,,asal habis makanannya,,
    yang jadi masalah tuh pas makanan banyak tapi gak dimakan dan membuat air keruh bercampur kotoran,,

    @Non nim : betul!!kalo airnya udah bau,,,segera ganti,,tapi jangan langsung pindah ke air bersih,,harus pindah ke air campuran kotor dan bersih supaya kura2nya adaptasi,,
    atau kura2ya taro di darat saja dulu,,

    Fiscus : sama2 gan :beer:

    BalasHapus
  16. thx bgt info na..coz q juga bru 2bln pny 2 kura-kura..
    kacian yg 1 mati coz kekeringan&gak doyan makan..
    ni tgl 1 mo q rawat baek-baek..

    BalasHapus
  17. kura kura qu ada 3 ekor,yg satu alhamdulillah sangat bersemangat dan satu lagi meski kurang agresif tapi lumayan lah masih mw makan,tapi yg lainnya meloyo aja gk tau ntah sakit atau emg bawaan sifatnya kek gitu,gimana tu?apa yg mesti aqu lakuin bwt kura2 yg satu itu?

    BalasHapus
  18. kura-kura ane gx mw makan padahal airnya udah diganti...pusing...

    BalasHapus
  19. klo gak di kasih lampu fluorescent nih gak kenapa napa ta? dan klo di taruh di ruangan ber ac gak papa ta?

    BalasHapus
  20. lucu banget kura-kura ini, makasih panduannya.

    BalasHapus
  21. tadi sebenarnya saya mau beli kura-kura tapi masih takut cara merawatnya....

    kira-kira cara merawat yang lebih lengkapnya gimana???

    BalasHapus
  22. Kunci Sukses Memelihara Kura-kura Brazil

    http://www.honbookstore.com/2017/02/kunci-sukses-memelihara-kura-kura-brazil.html

    BalasHapus