Rabu, 17 Juni 2009

Review Window 7 (Seven) pada Acer 4520

Windows 7 versi Release Candidate 1 sudah dirilis oleh Microsoft pada bulan Mei kemarin. Saya tertarik untuk mencobanya dan mencari link downloadnya di Microsoft. Namun ternyata ukuran filenya sangat besar, maka saya urungkan niat untuk mendownload via internet. Akhirnya ada majalah Chip edisi bulan juni yang mensertakan CD asli Windows 7 RC 1 dan saya pun membelinya, lumayan mahal sih tapi worth it lah.

Sebagai informasi, Acer 4520 saya sudah mengalami perubahan pada RAM yaitu yang semula 512 MB sekarang sudah bertambah menjadi 2 GB, sehingga saya pikir spesifikasi Acer 4520 milik saya sudah cukup untuk menjalankan Windows 7.

Cara menginstall Windows 7 mirip dengan cara menginstall Windows Vista dimana tampilan "GUI" nya lebih user friendly dibanding saat menginstall Windows XP. Waktu yang diperlukan untuk menginstall Windows 7 juga cukup
sebentar, tidak sampai setengah jam sudah selesai.

Untuk masalah driver, saya menginstallnya melalui "Device Manager", terlihat device yang belum terinstall driver dan pilih search otomatis pada DVD driver bawaan Acer 4520. Ada beberapa driver, seperti untuk grafik, chipset, dan camera yang saya install menggunakan driver untuk Vista.

Ini screenshot computer propertiesnya setelah diinsltall driver nvidia.


Masalah yang timbul adalah adanya driver (Vista) yang tidak cocok untuk Windows 7 misalnya untuk aplikasi Launch Manager. Saya juga sudah menginstall codec untuk media player dan terjadi juga masalah yaitu tidak munculnya subtitle pada media player classic namun subtitle akan muncul jika menggunakan media player bawaan Windows 7.

Hampir semua driver seperti camera, bluetooth, grafik, ethernet, WLAN, CIR berjalan dengan baik kecuali untuk Launch Manager. Kesimpulannya, Windows 7 RC 1 cukup mampu berjalan dengan baik pada Acer 4520.

1 komentar:

  1. keren nih dah pake windows 7, saya masih windows Xp, karena pake laptop jadul.

    BalasHapus