Kamis, 05 Agustus 2010

Membuat Ringtone iphone dengan itunes

Lagi-lagi supaya ngga lupa, kali ini saya akan mendokumentasikan ingatan tentang pembuatan ringtone iphone. Ringtone iphone berformat .m4r dan berdurasi tidak lebih dari 30 detik [kalo tidak salah J].

Jadi, menurut singkatnya, untuk membuat ringtone iphone,kita harus memotong durasi lagu yang kita inginkan menjadi lagu dengan durasi maksimal 30 detik dan merubah formatnya menjadi m4r.

Berikut adalah tutorial membuat ringtone iphone dengan menggunakan iTunes, iTunes dalam hal ini digunakan untuk memotong durasi lagu dan merubah format menjadi m4a.

1. Masukan lagu yang ingin anda jadikan ringtone ke iTunes. Step ini ngga perlu dijelaskan ya, sudah mengerti kan J. Lagu yang sudah masuk iTunes akan muncul pada tab "Music".
2. Klik kanan pada lagu yang akan dijadikan ringtone, pilih "Get Info".
3. Setelah memilih "Get Info", klik tab "Option", lalu cek "Start Time" tentukan waktu mulai dan cek "Stop Time" tentukan waktu akhir. Lalu klik tombol "OK". Ingat, total dari start time sampai stop time tidak boleh lebih dari 30 detik.
4. Akan muncul file lagu baru tapi dengan durasi yang sudah diperpendek tadi. Kembali pada menu utama iTunes, klik pada lagu yang sudah dipotong tadi, lalu pilih menu "Advance" dan pilih "Create AAC Version". Step ini akan mengubah lagu yang sudah kita potong tadi menjadi format m4a.
5. Cari file yang sudah diubah tadi di folder My Documents/My Music/iTunes/iTunes Music, ubah format lagu tersebut dari m4a menjadi m4r.
6. Done. Klik 2 kali pada file berformat m4r tersebut dan otomatis akan masuk ke "Ringtone" tab di itunes. Ringtone siap di sinkronisasi dengan iPhone.

Semoga bermanfaat.

=sony=

3 komentar:

  1. halo, saya paulus. Saya sedang mencoba langkah dari Bapak, tapi saya bisa menemukan hasil file yang sudah di Create AAC version (step no.4)
    Staknya disini.
    Yang ingin saya tanyakan:
    ketika pencarian file (step no.5) apakah harus di dalam folder yang sudah ditentukan yaitu :
    My Documents/My Music/iTunes/iTunes Music/.....
    (file saya tersebut nyasar ke folder lain dan tidak bisa diubah ke "m4r") shg ketika melakukan step no.6 tidak ada efek apapun.
    pls bagaimana solusinya, terima kasih.

    BalasHapus
  2. @Paulus,,

    File hasil convert ke "m4r" bisa nyasar ke folder manapun, mungkin karena folder directory pernah diubah2,,

    kalau memang convert sudah berhasil (sudah benar2 menjadi format "m4r")itu berarti file anda sudah berubah menjadi ringtone format, dan tinggal dimainkan lalu sinc ke iPhone.

    Menurut saya, Pak Paulus belum benar2 berhasil merubah format potongan lagu tersebut menjadi format "m4a".
    Atau panjang lagu yang melebihi 30 detik.

    BalasHapus
  3. macamana nak ubah format m4a ke m4r?

    BalasHapus